Senin, 30 April 2012

SMA or SMK .?


     Memilih sekolah yang berkualitas, adalah idaman setiap siswa termasuk orang tua anak supaya anak mereka mendapatkan pendidikan yang lebih berkualitas dan terbaik.  Memilih sekolah yang terbaik adalah hal wajib dilakukan supaya anak mereka bs ‘’berkembang’’ tapi, kita harus benar-benar memilihkan berdasarkan nilai yg dia dapat dan juga kemampuan mereka. Soal nilai ujian nasional, ada beberapa sekolah negeri yang berkualitas mematok nilai yang cukup tinggi mengingat kualitas SDM dalam hal ini ada guru yang sangat berkompeten di bidang nya. Memilih sekolah yg berkualitas tidak selamanya di pegang oleh SMA , namun SMK pun dalam perkembangannya sekarang sudah diungulkan dalam pendidikan, mengingat sekolah SMK merupakan sekolah yang mencetak ada didik mereka yang siap kerja. Memilih antara sekolah SMA atau SMK, merupakan pilihan yang tergantung oleh anak tersebut, kemana mereka akan melanjutkan jenjang sekolah .
     SMK, dalam hal ini merupakan sekolah yang mencetak siswa didiknya siap bersaing di dunia kerja, dimana mereka dibekali keahlihan yang mereka dpt selama sekolah dalam prakteknya mereka sudah dihadapklan dengan Ujian praktek dimana mereka akan dinlai, apakah sudah menguasai ata tidak. Lulusan SMK sendiri tidak semuanya harus bekerja, ada juga yang melanjutkan ke jenjang Universitas yang dimana mereka memilih jurusan berdasarkan kemampuan mereka. Sekarang, sudah banyak SMK, tergantung kita memilih, ingin sekolah di mana
     Dan berbicara soal SMA,  jenjang Sekolah Mengenah Atas ini merupakan jenjang yang diperuntuhkan kepada anak yang ingin mendalami ilmu yang ada, ketika sekolah pun kita akan dihadapkan oleh Jurusan, pengin masuk jurusan mana , Ilmu Alam, Ilmu Sosial, atau Bahasa? Selama dikelas X, nilai siswa akan diperhitungkan nilai-nilai rapot dan tugas yang diberikan oleh guru. Sedangkan menurut saya sendiri, ketika anak siswa memilih jenjang SMA, ketika lulus di kelas XI kelak, setidaknya mereka harus melanjutkan ke jenjang Universitas,mengingat di Sekolah Menengah Atas, tidak lah sama seperti di Sekolah Menengah Kejuruhan dimana mereka tidak dibekali dengan Kemapuan yang siap kerja .
    Dan yang terakir, ada beberapa kebimbangan yang sering dialami oleh siswa, masuk Swasta atau Negeri? Saya sebagai pendidik , lebih menyarankan yang terbaik  yang tentunya orang tua ikut mengawal dan juga mendampingi ketika mereka memilih sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar