Minggu, 29 April 2012

Ketika dihadapkan dengan Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial, pilih mana ?

     Adik sepupu saya merupakan pelajar kelas X di salah satu sekolah menengah atas negeri dikabupaten mojokerto dia bimbang, akan memilih yg mana, dikarenakan akan melaksanakan kenaikan kelas dan juga pemilihan jurusan yg akan di tempuh dan orang tua dr adik sy lebih menganjurkan masuk ke Ilmu social dan pihak sekolah dengan beberapa pertimbngan, menganjurkan masuk di ilmu sosoial
     Dari kasus diatas, mari kita bahas, bagaimana sebaiknya anak didik kita memilih, apa perlu campur tangan kita sebagai orang tua, ada saran yg diberikan oleh sekolah dengan pertimbangan nilai yg dia dpt selama menerima materi pembelajaran dan juga Psikotest yng diberikan oleh pihak sekolah.  Mungkin bagi anggapan orang Tua, masuk di Ilmu Alam sangat bergengsi, dan juga lebih baik dari Ilmu social, sebenarnya anggapan ini sangat salah, setiap ilmu itu ada kosentrasinya, dimana ketika kita mendalami suatu materi maka kita akan mendapatkan materi tersebut secara Totalitas.
     Memilih jurusan sebenarnya tergantung oleh anak tersebut, kita sebagai orang tua, jangan terlalu memaksa kemauan kita tanpa mendengarkan usulan dr anak tersebut. Biarkan anak tersebut memilih berdasarkan Kemampuan dia,  jangan memaksa berdasarkan Kemauan kita sebagai orang tua tentunya kita ingin yang terbaik buat anak , tapi tidak ada salahnya mendengarkan apa yang dia ingin sampaikan kepada kita.  Memilih jurusan, tentunya pihak sekolah juga ikut campur dikarenakan pihak sekolah juga mempunya wewenang, apakah dia mampu masuk kelas Ilmu Alam atau Ilmu Sosial. Saya tidak menyarankan sebaiknya masuk Kelas Ilmu Alam atau Ilmu Sosial, namun cenderung meilihat potensi yang dimiliki oleh anak . kalau dia lebih menyukai Hitung-hitungan, kemampuan Alam atau Pengetahuan Alamnya bagus dan didukung oleh Nilai-nilai Rapot disekolah yang mendukung, tidak salahnya di kita anjurkan untuk memilih Kelas Alam. Namun kalau anak lebih menguasai materi social, baik itu kewarganegaraan, ilmu sosilogi dan juga didukung oleh nilai rapot yang bagus, lebih baik kita anjurkan masuk di kelas Ilmu Sosial.
     Banyak statement yang menyebutkan kalau masuk Ilmu Sosila, maka kita lebih Pintar dr Ilmu social, ataupun sebaliknya, kalau kita masuk kelas Ilmu social, maka kita tdk sepintar anak di Ilmu Alam. Anggapan tersebut sangatlah salah, semua orang saya yakin mempunya kelemahan dan kelebihan kalau kita kosentrasi dibidang tertentu, maka kita akan mampu menguasai materi tersebut apalagi saya sngat tidak setujuh kalau ada guru yg men judge seorang peserta didik , dengan kata-kata yang merendahkan anak tersebut. Jadi sebagai orang tua , mari kita berfikir bijak, biarkan mereka memilih dengan sendirinya, namun kita juga perlu mengawasi dan membimbing anak kita supaya dia tidak menjadi korban salah jurusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar